Kisah Inspiratif
0

Legenda Maneki Neko, Kucing Pembawa Keberuntungan

Legenda Maneki Neko, Kucing Pembawa Keberuntungan

Apakah cat lover pernah menjumpai patung kucing yang sebelah tangannya terangkat? Patung kucing ini sering diletakkan di pusat perbelanjaan, toko, mobil atau dijadikan aksesoris rumah. Patung kucing yang diberi nama ‘Maneki Neko’ ini dianggap membawa keberuntungan, terutama oleh orang Jepang.

Kucing yang digunakan sebagai model maneki neko biasanya jenis kucing Japanese Bobtail, berekor pendek dan mempunyai belang tiga. Ada juga yang menggunakan warna emas atau hitam.

Sebagian orang percaya jika maneki neko mengangkat tangan kanan, maka dipercaya akan memudahkan dalam menghasilkan uang, sementara jika yang diangkat tangan kiri maka akan menarik pembeli untuk datang ke tokonya. Dari mana sebenarnya legenda maneki neko ini berasal?

Ada beberapa cerita legenda terkait munculnya maneki neko di Jepang. Salah satunya yang terkenal adalah kisah dari seorang samurai terakhir Ota Dokan. Samurai Ota Dokan diceritakan hampir kalah dalam peperangan Egotagahara (1476-1478). Dikala hampir kalah dan tersesat, Ota Dokan melihat seekor kucing melambaikan tangan padanya untuk beristirahat di dalam Jisho-in.

Ajaib! Setelah beristirahat sejenak kekuatan Ota Dokan kembali pulih dan berhasil memenangkan pertempuran. Kemudian untuk mengenang si kucing dan sebagai tanda terima kasih maka didirikanlah sebuah patung dengan posisi melambaikan satu kaki depan yang disebut Jizoson. Konon patung inilah yang menjadi awal legenda maneki neko. Di Jepang juga berdiri kuil khusus untuk Dewa Kucing (sesuai dengan kepercayaan Shinto Jepang).

 

Foto : imgkid.com

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.