kesehatan
0

3 Jenis Vaksinasi Kucing

3 Jenis Vaksinasi Kucing

Kucing memerlukan vaksinasi sama seperti halnya manusia. Tujuan vaksinasi adalah untuk membuat kucing kebal pada suatu penyakit. Namun terkadang cat lover masih kebingungan, berapa kali seharusnya kucing divaksin? Kenapa vaksin harus dilakukan berulangkali?

Berdasarkan pedoman vaksinasi dari AAFP (American Association of Feline Practitioners), vaksin kucing dibagi menjadi 3 macam, yakni wajib (core), tidak wajib (non core), dan tidak direkomendasikan.

Berikut 3 jenis vaksinasi yang biasa diberikan dokter hewan pada kucing merujuk AAFP. Setiap dokter bisa jadi memberikan rekomendasi sendiri vaksin apa yang sebaiknya diberikan pada kucing cat lovers berdasarkan umur, lokasi dan riwayat kesehatan kucing.

  1. Vaksin Rabies

Tujuan vaksinasi ini adalah untuk mencegah kucing dari penyakit yang penyebarannya luas dan mengancam kesehatan lingkungan seperti rabies. Vaksinasi ini wajib dilakukan. Pertama kalo saat kucing berusia 8 -12 minggu dan diulang setahun berikutnya. Setelah itu cukup 3 tahun sekali baru disuntik rabies lagi. Biasanya dokter tidak menyarankan disuntik lagi setelah suntikan kedua.

  1. Vaksin Feline Panleukopenia – Herpesvirus – Calicivirus (FVRCP atau HCP)

Tujuan vaksin ini adalah untuk menangkal beberapa penyakit yang biasa menyerang kucing. Dilakukan saat kuicng berumur 3- 4 minggu hingga berusia 16 minggu, setelah itu dilanjutkan lagi setahun berikutnya setelah suntikan terakhir. Kemudian vaksinasi ini diulang setiap 3 tahun sekali. Jenis vaksinasi seperti ini dikenal dengan vaksin tricat (untuk menangkal 3 penyakit : panleucopenia, calicivirus, rhinotracheitis) atau tetracat (panleu, rhino, calici dan chlamydia).

  1. Vaksinasi Feline Leukemia.

Vaksinasi ini termasuk non-core, tetapi direkomendasikan. Jika kucing sering berada di luar rumah, dokter akan merekomendasikan untuk memberikan vaksin ini setahun sekali. Namun jika kucing hanya di dalam rumah (in door), maka boleh dilakukan boleh juga tidak.

Sebelum memberikan vaksin pada kucing kesayangan, ada baiknya cat lover mencatat jenis vaksin yang hendak diberikan supaya tidak berulang dikemudian hari.

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.