Fakta Kucing
0

Dominasi Kucing Tabby

Dominasi Kucing Tabby

Siapa yang tak pernah melihat kucing dengan corak bulu, ekor atau kaki yang bergaris-garis seperti loreng? Mereka ada dimana-mana, di seluruh belahan dunia. Maka sangat mungkin jika populasi kucing saat ini didominasi oleh kucing tabby.

Motif tabby pada bulu kucing memang sangat umum ditemukan. Menurut para ahli, kucing tabby-lah yang pertama kali didomestikasi manusia dari alam liar sejak ribuan tahun yang lalu.

Menurut sejarahnya, nama Tabby berasal dari bahasa Perancis abad pertengahan ‘atabis’ yang bermakna ‘kain sutra yang bergaris-garis’.

Kata Atabis dikatakan berasal dari bahasa Arab ‘Attaby’. Attaby berasal dari Baghdad dimana pertama kali kain sutra bergaris muncul. Dan penamaan kain attaby diambil dari nama Pangeran Attab dari dinasti Umayyah.

Namun ada juga versi lain dari nama tabby ini. Diketahui istilah tabby pertama kali meluas pada abad ke 17 di Inggris. Berasal dari nama Tabhita, nama untuk anak perempuan yang diambil dari Alkitab yang artinya cantik.

Tabitha kemudian digunakan untuk menyebut seekor kucing yang cantik, kemudian dalam perkembangannya lebih mudah menyebutnya dengan istilah tabby saja.

Ciri kucing tabby selain bulu lorengnya adalah huruf M yang khas didahi. Semua kucing tabby memiliki tanda ‘lahir’ M yang terkenal ini.

500x700px-LL-38ea8710_Fotolia_42945908_Subscription_Monthly_M

Jika dilihat dari corak bulunya, ada beberapa motif tabby yang biasa kita lihat.

Tabby Makarel 

Barangkali inilah motif tabby yang paling sering kita jumpai. Ditandai dengan garis-garis lengkung dengan jarak garis agak dekat. Huruf M pada dahi terlihat sangat jelas.

Foto : www.felinest.com

Foto : www.felinest.com

Tabby Halus

Pada kucing dengan motif  tabby halus, tidak terlihat garis-garis yang jelas. Bulu tampak sewarna namun sebenarnya ada gradasi warna coklat gelap atau terang yang berbentuk seperti titik-titik halus. Pada bagian ekor dan kaki biasanya tetap terdapat garis. Tanda M ada di dahinya.

Foto : www.vetstreet.com

Foto : www.vetstreet.com

Tabby Totol 

Tabby totol ditandai dari motif bulu totol-totol yang menyebar di bagian perut. Bagian leher, punggung, kaki dan ekor terlihat bergaris-garis. Selain tabby makarel, tabby motif ini paling sering kita jumpai.

Foto : catfinders

Foto : catfinders

Tabby Klasik 

Tabby klasik dapat kita lihat dari corak bulu seperti lengkungan, lingkaran atau ‘batik’ yang terlihat jelas di daerah perut. Tabby klasik ini termasuk yang jarang kita temukan dari semua motif tabby yang ada.

Foto : wikipedia

Foto : wikipedia

Sebutan tabby tidak hanya untuk kucing yang berwarna abu-abu atau coklat kehitaman, tapi juga kucing kuning. Di Indonesia, kucing kuning bergaris ini sering disebut kucing ‘kembang asem’.

776876-bigthumbnail

Banyak yang mengatakan, kucing tabby memiliki kepribadian yang berbeda dari kucing-kucing lainnya. Mereka memiliki kepribadian mirip anjing karena kedekatannya dengan manusia.

Kucing tabby senang berada di sekitar manusia dan membuntuti kemanapun pemiliknya pergi. Mereka betah berada di dalam rumah dan hobby diajak bermain.

Kucing tabby juga dikenal cerdas. Mereka mudah untuk diajari dan bisa menjadi teman yang hangat dan setia.

Disisi lain, tabby memiliki rasa ingin tahu yang besar dan merupakan pemburu yang handal. Mereka pintar menangkap mangsa dan akan membawanya pulang sebagai hadiah untuk pemiliknya.

Apakah kucing kesayangan cat lovers juga kucing tabby? Meoow.

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.