Tips and Tricks
0

Tips Berhemat Biaya Perawatan Kucing

Tips Berhemat Biaya Perawatan Kucing

Mahalnya biaya untuk merawat kucing membuat sebagian orang memilih mundur saat hendak mengadopsi seekor kucing. Padahal ada banyak trik dan tips yang bisa dilakukan untuk menghemat anggaran ini.

Beberapa hal yang bisa dilakukan cat owner dalam menyiasati biaya perawatan kucing.

1. Pilih makanan terbaik sesuai dengan budget

Pengeluaran pokok pertama ketika merawat kucing adalah makanan. Periksa kandungan gizi dalam makanan kucing. Jangan asal membelikan makanan olahan pabrik yang murah, karena meski murah banyak bahaya yang mengancam. Jika terpaksa membeli makanan murah, selingi dengan pemberian makanan rawfood atau home made yang alami dan lebih kaya gizi.

2. Sediakan mainan dan perlengkapan kucing yang murah

Kucing tidak peduli dengan harga barang-barang yang dia pakai. Terkadang, barang mahal justru tidak mereka sukai dibanding dengan mainan kardus bekas atau ranting pohon yang patah. Cat lover dapat melakukan banyak penghematan dalam hal ini. Beli saja barang yang benar-benar akan terpakai dan disukai kucing, contohnya lebih baik belikan laser toy yang murah daripada mainan elektrik yang mudah hancur.

3. Lakukan grooming sendiri

Ya, jika punya waktu luang, cat owner dapat belajar memandikan dan membersihkan sendiri kucing kesayangan. Anda cukup membeli shampoo dan peralatan mandi kucing yang bisa dipakai berulang kali. Biaya grooming di salon hewan memang relatif mahal.

Image : pixabay.com/en/sphynx-cat-bathtub-rubber-ducky-1521190/

4. Jaga selalu kebersihan

Tinggal serumah dengan hewan peliharaan artinya harus lebih sering bersih-bersih. Anda tentu tak ingin rumah berbau tak sedap jika pup dan pee kucing tak segera dibersihkan. Gunakan bahan pembersih yang aman bagi binatang. Rumah yang selalu bersih tentu baik bagi kesehatan manusia dan juga hewan peliharaannya.

5. Vaksin dan steril

Pemberian vaksin pada kucing bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuhnya supaya tidak gampang sakit. Sedangkan steril sangat berguna untuk mencegah kucing berkembang biak tak terkendali. Kucing yang yang sudah disteril juga lebih mudah diurus dan mengurus dirinya sendiri. Hasilnya kucing sehat, bersih dan cantik.

5. Berikan suplemen kesehatan atau jamu herbal

Selain makanan pokok, ada baiknya memberikan vitamin tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terutama di musim-musim kucing rentan terserang penyakit. Jika kucing tetap sehat, tentu Anda akan banyak menghemat anggaran ke dokter.

Nah, cukup simpel dan mudah untuk dilakukan bukan? Cat lover tak perlu khawatir lagi pada biaya perawatan kucing yang mahal. Semoga bermanfaat!

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Admin

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *